Tips Traveling Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Di Indonesia, bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu oleh mayoritas penduduk di negeri ini. Maklum, karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan mayoritas penduduk ber-agama Islam terbanyak di dunia.

Sebagian orang menghabiskan waktunya untuk bersantai di rumah saat berpuasa, sebagian lainnya memiliki kegiatan masing-masing. Enggak sedikit yang menghindari traveling karena takut gak kuat dalam menjalani ibadah puasa, padahal traveling saat puasa bisa jadi ladang ibadah juga lho!

Pada pertengahan Ramadhan kali ini, saya akan mencoba membagikan tips traveling saat berpuasa di tengah bulan Ramadhan. Mau coba?

1. Memilih Kota/Negara Muslim untuk Dikunjungi

Jika ingin berlibur keluar kota/negeri pastikan tempat tersebut memiliki masyarakat yang mayoritas muslim. Hal ini penting, agar memudahkan kalian dalam menemukan masjid ataupun mushola saat sedang jalan-jalan.

Kalian juga gak perlu khawatir, karena makanan yang disediakan otomatis banyak yang halal. Contoh kota di Indonesia yang terkenal dengan nuansa Islam yang kental ialah Serambi Mekkah, Banda Aceh. Apabila ingin jalan-jalan ke luar negeri, bisa juga mengunjungi Turki atau negara lainnya sebagai destinasi wisata kalian.

2. Cari Informasi dan Rencanakan Itinerary dengan Baik

Setelah kalian menentukan kota mana yang akan dituju, pastikan merencanakan segala persiapan dan mencari informasi sedetail mungkin. Terlebih mengenai fasilitas yang nantinya akan memudahkan kalian dalam hal beribadah.

Jika kota atau negara yang kamu tuju memiliki banyak sekali destinasi wisata, tentukan prioritas mana yang paling ingin kamu kunjungi terlebih dahulu. Jika memungkinkan, kalian juga perlu mengetahui estimasi waktu perjalanan maupun berapa lama kalian akan singgah.

Hal ini akan memudahkan apabila tidak memungkinkan untuk mengunjungi semua tempat di hari yang sama. Jangan sampai karena terlalu ingin menjelajahi semua tempat malah waktu kalian habis diperjalanan.

Masjid Al-Fatih Istanbul

Masjid Al-Fatih, Istanbul, Turki

3. Persiapkan Barang Bawaan

Ketika hendak pergi dari rumah maupun tempat persinggahan, pastikan barang bawaan yang kalian bawa seperlunya saja. Hal ini bertujuan untuk menghindari tertinggalnya barang di tempat wisata maupun ibadah. Selain itu beban yang dibawa juga bisa berkurang, otomatis membuat energi yang dikeluarkan juga berkurang.

Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan ibadah, terutama apabila pergi berwisata ke tempat yang kalian sendiri tidak yakin bahwa akan ada masjid atau mushola disana.

Kawasan Mehmed Pasha

Kawasan Mehmed Pasha

4. Jaga Kondisi Tubuh Selama Berpuasa

Berhubung kalian bakalan stop makan di siang hari dengan waktu yang cukup lama, pastikan nutrisi pada saat sahur terpenuhui, makan makanan yang bergizi, karbohidrat, protein, serat dan vitamin yang cukup. Supaya ketika jalan – jalan di siang hari, badan kalian tidak loyo – loyo.

Untuk sementara, ada baiknya menghindari destinasi dengan aktifitas yang berat di siang hari, seperti naik gunung dan aktifitas lainnya yang dapat menguras banyak tenaga.

Sekian tips traveling pada bulan Ramadhan ini. Jadi, gaada alesan buat gak nyikreuh saat sedang berpuasa kan? InsyaAllah berkah segalanya, aamiin. Buat yang pengen sharing tentang traveling, yuk follow IG kami di @nyikreuh dan juga @luthfiharisma. Terima kasih.

Leave a Reply

Kumpulan Foto Trip ke Beberapa Pantai di Pacitan
Masjid Agung Alun-Alun kota Bandung
Kumpulan Foto Sabtu Pagi di Kota Bandung
Berdiri di Perahu
Kumpulan Foto Trip Situ Cileunca Pangalengan
Kumpulan Foto Trip Yogjakarta!