Kenapa Sebaiknya Kamu Naik Kereta Api #TipsBerkelana

Bagi sebagian orang, jalan-jalan atau bahasa kerennya traveling cukup dibutuhkan untuk menghilangkan penat setelah melewati rutinitas sehari-hari. Bosen juga sih pasti terus ngelakuin hal dan berada di tempat yang itu-itu aja, jalan-jalan ke luar kota mungkin bisa sedikit bikin seger pikiran.

Nah untuk mencapai tujuan antar-kota itu terdapat beberapa moda transportasi yang bisa kita gunakan. Ada yang memilih menggunakan jalur udara dengan pesawat, jalur laut dengan kapal dan juga jalur darat dengan berbagai pilihan yang lebih bervariatif.

Kalo saya sendiri sih lebih suka naik Kereta Api saat berpergian antar-kota, khususnya saat traveling. Tapi ga selalu setiap saat, tergantung dengan jarak tempuh dan berapa lama waktu yang kita punya buat berlibur.

Kenapa Sebaiknya Naik Kereta Api

Baca beberapa alasan kenapa sebaiknya kamu naik kereta api versi saya

Kalo berlibur cuman dua hari tapi perjalanan makan 12 jam sih rasanya mubazir karena waktu kita kebuang cukup banyak. Jadi kita tetep harus pertimbangin juga dengan rencana liburan yang bakal dijalanin.

Kelebihan Naik Kereta Api?

Kalo ada yang nanya “emang apa sih kelebihannya naik kereta api?”, yaa pasti tiap orang bakal ngasih deskripsi yang berbeda sesuai dengan yang mereka rasain. Banyak juga Kegiatan di Kereta Api yang bisa kita lakuin agar perjalanan jauh sekalipun ga ngerasa ngebosenin.

Nah berikut ini beberapa kelebihan naik kereta api ketimbang menggunakan moda transportasi lainnya menurut saya, check it out!!

1. Kemudahan dalam Administrasi Tiket

Kalo dulu kita hanya bisa beli tiket di stasiunnya langsung dan terkadang harus ngeluarin waktu berjam-jam, sekarang kalian gaperlu lakuin itu lagi. Saat ini kita bisa beli tiket dengan mudah melalui smartphone atau browser internet masing-masing.

PT. KAI sendiri nyediain aplikasi khusus reservasi tiket dengan nama “KAI Access” yang dapat diunduh di playstore maupun apple store. Selain di aplikasi tersebut, kita juga bisa membeli tiket di beberapa aplikasi travel lainnya seperti Traveloka, Tiket.com, Tokopedia dan seterusnya.

Aplikasi KAI Access

Sekarang untuk melakukan berbagai proses admnisitrasi Kereta Api bisa dilakuin menggunakan aplikasi KAI Access

Ga hanya untuk beli tiket, membatalkan atau mengubah jadwal keberangkatan juga bisa dilakukan melalui aplikasi ataupun telepon. Lumayan kan buat ngemat waktu ketimbang harus dateng ke stasiunnya langsung?

2. Harga Relatif Murah

Siapa sih yang ga suka dengan kata “murah”? Harga tiket kereta api saat ini bisa dibilang murah loh ketimbang beberapa moda transportasi lainnya. Selain itu, beberapa aplikasi travel juga sering mengadakan promo ataupun potongan harga untuk setiap pembelian tiket kereta api.

PT. KAI sendiri sering mengadakan promo buat penumpang setianya. Promo terakhir yang pernah saya dapetin yaitu menukar 10-15 tiket perjalanan kereta api kita terdahulu dengan satu tiket gratis!

Beberapa Jadwal Kereta Api

Beberapa jadwal perjalanan kereta api saat saya berada di Stasiun Gambir

Tapi yaa itu beberapa bulan lalu ya, semoga aja sekarang promonya masih berlaku. Kalo penasaran dengan promo selengkapnya bisa langsung tanyain aja ke akun twitter resminya di @KAI121.

3. Efisiensi Waktu dengan Kereta Api

Sebagai moda transportasi darat, kereta api punya keuntungan lebih yaitu bisa dibilang bebas hambatan. Jelas sih, karena kereta api berjalan di jalurnya (rel) sendiri dan melaju dengan kecepatan yang konstan, berbeda dengan kendaraan bermotor yang harus saling berbagi jalan.

Salah satu contoh keuntungan yang saya rasain sih waktu perjalanan dari Jakarta ke Bandung (atau sebaliknya) saat weekend. Kalo menggunakan kereta waktu tempuh hanya sekitar tiga setengah jam, nah dengan mobil (lewat jalan toll) bisa menghabiskan 4 sampai 6 jam perjalanan akibat macet (dan pembangunan di toll).

Perbandingan waktu tempuh kereta dengan mobil

Sekilas mengenai perbandingan waktu tempuh perjalanan Jakarta-Bandung

4. Kenyamanan Selama Perjalanan

Saat ini kenyamanan di dalam gerbong kereta udah gausah diragukan lagi, bahkan kalau kalian memesan tiket di kelas ekonomi sekalipun. Selain sudah ber-ac, terdapat fasilitas lainnya seperti WC dan juga gerbong makanan yang sangat membantu.

Beberapa rute perjalanan juga sudah menggunakan rangkaian gerbong ekonomi premium loh gaes. Perbedaannya terletak pada formasi kursi di setiap gerbongnya.

Kursi di Gerbong Ekonomi yang Nyaman

Kursi di gerbong ekonomi yang ga kalah nyaman dengan gerbon eksekutif

Untuk gerbong ekonomi lama formasi kursi yang tersedia yaitu 2-3 dan saling berhadapan (seperti saat trip ke Pacitan terdahulu), sedangkan di gerbong ekonomi premium memiliki formasi kursi 2-2, sama halnya dengan yang ada di gerbong eksekutif.

Hanya saja pada gerbong ekonomi premium jarak antar kursi cukup padat dan tidak bisa diputar/balikkan posisi menghadapnya, tidak seperti di gerbong eksekutif. Tapi posisi duduknya lebih mending sih ketimbang formasi yang dulu, dimana lutut kita bisa saling adu dengan penumpang lainnya.

5. Bonus Pemandangan Selama Perjalanan

Karena kereta api memili jalur/rel sendiri dan perlu dipisahkan dari kendaraan bermotor, maka ga heran kalo rutenya banyak melalui pegunungan atau luar area kota.

Banyak banget pemandangan yang cukup nyegeri yang pernah saya lihat disepanjang perjalanan dengan kereta. Walau sesingkat perjalanan Jakarta-Bandung dengan Argo Parahyangan, pemandangan yang disajiin bukan maen!

Pemandangan di Perjalanan Kereta Api

Salah satu pemandangan yang pasti bakal kamu dapetin saat berada di perjalanan dengan Kereta Api

Kita bisa ngeliat banyak pegungunan, sawah ataupun perkebunan yang hijau dan asri! Mungkin buat sebagian orang ini pemandangan biasa sih, tapi buat saya hal ini udah lumayan langka, dimana keseharian saya hanya ngeliat gedung tinggi dan kendaraan bermotor dimana-mana.

Okee sekian aja beberapa alasan kenapa kamu sebaiknya naik kereta api menurut pandangan saya. Semoga aja artikel ini dapat membantu kalian dalam mempertimbangkan moda transportasi apa yang ingin kalian gunakan saat ingin melakukan traveling.

Jangan lupa buat follow instagram kita di @nyikreuh buat tau postingan terbaru dan tempat-tempat menarik yang baru kita kunjungin. See you!

 

Leave a Reply

Kumpulan Foto Trip ke Beberapa Pantai di Pacitan
Masjid Agung Alun-Alun kota Bandung
Kumpulan Foto Sabtu Pagi di Kota Bandung
Berdiri di Perahu
Kumpulan Foto Trip Situ Cileunca Pangalengan
Kumpulan Foto Trip Yogjakarta!