Sunyi Coffee: Sarana Teman Difabel dalam Berkarya!

Pada akhir pekan ini, bersama kedua sahabat, saya memutuskan untuk bertemu di salah satu kedai kopi yang memiliki konsep berbeda, yakni dengan memperkerjakan masyarakat difabel untuk mengelola kedai kopi tersebut.

Sunyi House of Coffee and Hope, sesuai dengan namanya sunyi merupakan dedikasi atas kesetaraan masyarakat difabel di Indonesia dalam memperoleh lapangan pekerjaan, edukasi, membangun komunitas serta tempat tampil bagi mereka yang selama ini terdiskriminasi.

Konsep ini dibalut dengan gedung yang fasilitasnya ramah akan difabel, dimana setiap fungsi di dalamnya memberikan pengalaman baru dalam memberikan edukasi kepada pengunjung tentang fasilitas pendukung difabel yang selama ini awam dilihat.

Barista Standing di Sunyi Coffee

Barista Standing di Sunyi Coffee

Ngopi di Sunyi Coffee

Saya tiba sebelum teman saya datang dan memutuskan untuk memesan terlebih dahulu. Tempat ini memiliki dua area, yakni smoking yang berada di luar dan non smoking tempat ber-AC. Saya memilih area dalam karena cuaca Jakarta cukup panas pada saat itu.

Desain Skandinavia di Sunyi Coffee

Desain Skandinavia di Sunyi Coffee

Bagian dalam Sunyi Coffee ini lumayan aestetic dan cocok untuk saya menghabiskan waktu di depan laptop, bekerja sembari menunggu teman saya datang.

Tempat yang saya tempati memiliki colokan di masing-masing row, serta furnitur yang dibalut dengan konsep skandinavia membuat tempat ini terlihat minimalis namun elegan.

Suasana saat itu masih cukup sepi dan saya melihat teman-teman difabel sedang bercakap menggunakan Bahasa isyarat yang tidak saya mengerti sepenuhnya, tapi saya kagum dengan tempat ini yang menyediakan komunitas dan wadah untuk teman difabel berkumpul.

Ketika memsan saya dihadapkan dengan menu yang disampingnya memiliki gambar gestur isyarat bagaimana cara memesannya.

Menu Kopi dan Makanan Sunyi Coffee

Menu Kopi dan Makanan Sunyi Coffee

Saya aga sedikit kebingungan ketika harus mempraktekkan cara memesan tapi jadi hal yang menarik untuk di coba. Pegawai yang ramah dan tersenyum setiap kali saya mencoba hal tersebut.

Kopi Susu Sunyi Jadi Pilihan Utama

Akhirnya saya memesan satu kopi susu sunyi yang menjadi favorit di Sunyi Coffee. Harganya cukup standar di kisaran 22rb untuk kopi susu dingin dan 20rb untuk kopi susu yang panas.

Es Kopi Susu Sunyi

Es Kopi Susu Sunyi

Saya memilih kursi di sudut sambil bergegas mempersiapkan laptop saya dan tidak lama kemudian kopi pun datang untuk saya nikmati.

Campuran espresso dan susu serta sedikit tambahan gula aren dan es batu membuat kopi ini terasa nikmat diminum saat cuaca sedang terik dan rasanya sangat sesuai dengan selera saya.

Akhirnya Teman Saya Datang

Selang waktu satu jam kemudian, akhirnya teman kedua sahabat saya datang dan kita mulai membicarakan tentang peluang dan potensi dari bisnis Sunyi Coffee ini.

Menurut saya, ini merupakan salah satu model social enterprise yang cukup baik di Indonesia, dimana biasanya teman-teman difabel kesulitan mencari pekerja setelah mereka lulus dalam sekolah formal dan Sunyi Coffee menyediakan wadah tersebut.

Ini bisa di coba untuk semua orang yang ingin berwirausaha bahwa semua orang berhak memiliki kesetaraan yang sama atas kompetensi yang di miliki tanpa melihat latar belakang fisik maupun sosial.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga dapat menyampaikan pesan sosial dan inspirasi bagi kita semua. Jangan lupa follow akun Instagram @nyikreuh ya!

Rentang Harga: 20rb – 40rb

Menu Andalan: Kopi Susu Sunyi

Alamat: Jl. RS. Fatmawati Raya No.15, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430

Hari Operasional: Setiap Hari

Jam Operasional: 10.00 – 22.00 WIB

Tempat
Fasilitas
Pelayanan
Varian Menu
Harga
Average
Beri penilaian untuk postingan ini!
[Keseluruhan: 1 Rata-rata: 4]

Leave a Reply