Taman Tematik yang Unik di Kota Bandung

Perjalanan kita berlanjut lagi nih. Kali ini kita nyikreuh ke taman-taman yang ada di Kota Bandung. Kenapa taman-taman? Soalnya Bandung punya banyak Taman Tematik yang bagus dan unik untuk di-explore. Menurut salah satu sumber di dunia maya, Bandung punya lebih dari 600 taman kota yang 240 diantaranya dikelola secara resmi oleh pemerintah sedangkan sisanya dikelola oleh masyarakat. Tapi kita ga datengin semua tamannya, seperempatnya juga engga soalnya selain kebanyakan, gak semua taman kita tau lokasinya.


Taman kota sendiri memiliki banyak fungsi diantaranya sebagai paru-paru kota,tempat wisata keluarga, wahana studi tentang tumbuhan, atau sekedar dipake nongkrong bareng temen-temen. Selain itu, taman kota yang terdapat di Bandung berperan penting dalam mem-filter debu dan asap kendaraan bermotor yang semakin meningkat jumlahnya.

Taman Tematik

…….

Kita ‘caw’ hari Sabtu tanggal 24 Januari 2015. Kita janjiannya jam 05.30 di Taman Kandaga Puspa, Jan ji an nya. Bener-bener ngumpul semuanya sih jam 7an hehe.

Taman kandaga puspa

Taman ini terletak di daerah Cilaki, tepatnya di belakang SMA Negeri 20 Bandung. Kita nyampe di sini jam 6 lewat jadi udaranya masih sejuk banget. Weekend gini Taman Kandaga Puspa dipenuhin sama orang-orang yang lagi jogging. Orang tua ada, remaja ada, yang sekeluargaeun juga ada. Emang suasananya nyaman buat dinikmatin siapa aja sih soalnya di sini kita bisa nemuin banyak bunga. Tamannya lumayan bersih soalnya jumlah tempat sampahnya lebih dari cukup dan ada petugas yang nyapuin sampah yang berserakan disana. Tapi walaupun gitu, masih ada aja beberapa sudut yang kotor gara-gara sampah kecil.

Selain itu, Taman Kandaga Puspa ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Ada beberapa tempat duduk yang tersebar di dalam taman. Ada juga wifi gratis di sini, jadi kita bisa banget foto-foto terus langsung diposting di sosmed. Plus valuenya itu, walaupun dilengkapi berbagai fasilitas yang menggunakan kabel, tapi kabelnya ditata rapi dan dililitkan di pohon dengan lakban atau rapia, bukan dengan cara dipaku ke pohonnya.

Taman yang cocok dipake buat tempat jogging, ada wifi gratis pula!
Suasana Taman Kandaga Puspa di pagi hari

Pet park

Abis dari Taman Kandaga Puspa kita lanjut lagi ke Pet Park. Tempatnya bersebrangan jadi kita gak begitu cape walaupun ke sininya jalan kaki. Pet Park ini berfungsi sebagai tempat para pet lovers ngabisin waktu sama peliharaan kesayangannya. Soalnya di dalem taman ini banyak banget wahana yang bisa dipake sama binatang peliharaan.

Lokasinya lumayan strategis karena terletak di persimpangan, terus deket tempat-tempat makan yang lumayan banyak pengunjungnya. Sayangnya taman ini kurang terawat soalnya kotor banget, sampah dimana-mana. Mulai dari sampah kemasan makanan, obat, minuman, sampe daun berguguran bahkan ada tikus yang mati kegiles kendaraan (di jalan sih). Waktu itu kita juga gak liat satu petugas pun yang bersih-bersih. Mungkin karena suasananya kurang nyaman, pet park ini jadi sepi pengunjung. Sayang banget taman ini gak keurus, padahal lokasi sama fasilitasnya udah bagus.

Taman buat jalan-jalan sama peliharaan nih
Bagian depan dari Pet Park, pas buat jalan-jalan sama peliharaan nih

Taman lansia

Gampang banget nemuin taman ini karena lokasinya di samping kanan Gedung Sate, hampir berseberangan sama Museum Geologi. Kita nyampe Taman Lansia sekitar jam setengah 9 pagi dan ternyata di sini rame banget, lebih rame daripada Taman Kandaga Puspa. Mayoritas pengunjungnya sih manula yang pengen olahraga ringan, misalnya jalan cepat dan stretching. Namanya juga Taman Lansia, pantes aja kalo pengunjungnya orang-orang yang udah lanjut usia.

Selain itu, gak sedikit keluarga yang ngabisin waktu bareng di sini. Soalnya anak kecil bisa naik kuda karena memang banyak jasa berkeliling sekitar taman dengan naik kuda, sedangkan untuk orang dewasa bisa duduk lesehan sambil dipijat oleh tukang refleksi yang ada disana (kebetulan waktu itu ada tukang refleksi).Sebelum pulang pun kita bisa jajan atau makan makanan berat yang dijual di sekitar taman. Ada kue cubit greentea yang lagi ngehits, ada bubur ayam, ada bandros, ada lontong kari, dan masih banyak lagi makanan enak yang harganya terjangkau.

Selain itu, faktor lain yang menarik minat pengunjung untuk datang adalah site element yang lengkap, mulai dari drainase yang bagus, lokasi strategis, man-made features(jembatan, kolam, tempat duduk, pagar, dsb) yang tepat, hingga view yang diberikan begitu menarik. Petugas kebersihan di sana melakukan tugasnya dengan baik. Saat kita ke Taman Lansia, semua kolam yang ada sedang dibersihkan. Hasilnya setiap sudut di taman ini pun bersih dari sampah.

Walaupun namanya Taman Lansia, tapi banyak juga anak muda yang dateng kesini
Walaupun namanya Taman Lansia, tapi banyak juga anak muda yang dateng kesini

Taman Superhero

Taman ini gak jauh dari Taman Lansia, tapi kita kesini pake motor soalnya kalo jalan lumayan juga abisnya muter-muter jalannya tuh. Sebenernya taman ini udah lama adanya, tapi dulu namanya Taman Anggrek. Taman ini terletak di antara Jl. Anggrek dan Jl. Bengawan. Kenapa namanya Taman Superhero? Ini karena banyak display superhero yang dipajang disini. Ada Spiderman, Batman, Gatot Kaca, Superman, dan Gundala Putra Petir. Menurut info yang kita baca, patung-patung disini terbuat dari susunan logam bekas yang beratnya bisa sampe ratusan kilogram.

Dari namanya aja udah bisa ketebak dong kalo taman ini banyak didatengin sama anak kecil. Mayoritas anak-anak kan suka sama karakter superhero. Maka dari itu taman ini juga dilengkapi fasilitas untuk bermain anak-anak. Selain datang untuk bermain, banyak anak-anak yang datang untuk berfoto bersama orangtuanya dengan background patung superhero favorit mereka.

Dimana ada anak-anak, biasanya disana ada tukang jualan makanan. Kalo udah capek main, anak-anak yang laper gak perlu jauh-jauh cari makanan karena disana banyak yang jual jajanan makanan. Tapi pilih-pilih ya kalo mau jajan, harus dipikirin juga kebersihan makanan sama dampaknya buat kesehatan kita. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan.

Kita denger-denger, taman ini bakal dilengkapi dengan perpustakaan dan toilet portabel. Terus bakal disediain juga lapangan voli pantai di sini. Rencananya Taman Superhero ini bakal bener-bener beres pembangunannya bulan Februari 2015.

Ada beberapa Action Figure Super Hero di taman ini kaya Batman, Spiderman dan lainnya.
Ada beberapa Action Figure Super Hero di taman ini kaya Batman, Spiderman dan lainnya.

Taman Foto

Lanjuuut. Nah kalo taman ini dulu namanya Taman Cempaka. Setelah namanya dirubah menjadi Taman Foto Bandung atau Taman Fotografi, taman ini pun berfungsi sebagai pusat kegiatan komunitas fotografi di Kota Bandung. Taman yang terletak di Jl. Taman Cempaka ini berbentuk segitiga dan dilengkapi berbagai objek yang unik untuk difoto atau berhubungan dengan foto. Mulai dari wahana bermain untuk anak-anak yang berbentuk lensa kamera, kotak warna-warni yang menarik perhatian dan bisa diputar, hingga patung huruf C raksasa yang menjadi objek foto favorit bagi pengunjung yang namanya atau nama gebetannya berinisial huruf tersebut.

Fasilitasnya pun cukup banyak, ada tempat duduk di tengah taman, beberapa ayunan untuk bermain anak-anak, tempat sampah organik + nonorganik yang berdesain unik, dll. Sayangnya, letaknya yang kurang strategis membuat taman ini sulit ditemukan jadi sepi pengunjung.

Taman yang dulunya bernama 'Taman Anggrek'
Taman yang dulunya bernama ‘Taman Anggrek’

Taman Tongkeng

Taman berwarna merah putih ini terletak di Jl. Tongkeng, di komplek perumahan TNI. Taman ini diisi dengan berbagai objek bermain yang menyenangkan. Ada perosotan, terowongan, pipa suara, ban untuk dilompati, jalan setapak yang diberi angka secara berurutan, lapang futsal, alat perkusi kecil-kecilan, dan masih banyak lagi. Pantes aja kalo taman ini sering disebut Kerajaan Bermain oleh anak-anak yang tinggal di sekitarnya.

Waktu itu kita dateng ke taman ini sekitar jam 12 siang dan tamannya sepi banget padahal weekend. Kayanya karena taman ini terletak di komplek perumahan TNI dan masih terbilang baru, jadi banyak orang yang belum tau keberadaannya. Maka dari itu kebanyakan pengunjungnya adalah warga yang tinggal di sekitar taman. Selain itu, tanamannya pun masih sedikit karena memang baru dibangun dan baru ditanami bibit tumbuhan beberapa bulan yang lalu.

Taman Tongkeng ini kayanya lebih dikhususin buat warga sekitar
Taman Tongkeng ini kayanya lebih dikhususin buat warga sekitar

Kira-kira segini dulu catetan yang bisa dibagi dari hasil ngejelajahin taman tematik di Bandung kali ini. Tapi kita gak mau kalah sama sinetron cinta fitri ah, bakal ada season selanjutnya dari ngejelajahin taman tematik yang ada di Kota Kembang. Sampai ketemu lagi di postingan berikutnya.



You might also like

2 thoughts on “Taman Tematik yang Unik di Kota Bandung”

  • Jempol buat reviewnya, bener banget sayang taman pet park keliatan ga keurus. Boleh juga nih review taman lainnya, soalnya masih ada lagi taman lain yang juga mudah aksesnya, seperti taman Vanda, taman Cibeunying, taman Musik, dan taman lainnya..

    Reply
    • Thalitha Alpha Aquilla
      Thalitha Alpha Aquilla · Edit

      iya ya sayang banget padahal kalo keurus pasti lebih rame kan tamannya. btw makasih banyak buat kritik sama sarannya, tungguin aja ya postingan selanjutnya tentang taman-taman di Bandung bakal ada lagi kok ;)

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *