Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Seluruh Kemegahannya

Tahun 2018 masyarakat Indonesia harus berbangga diri karena mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan dua multi-sport event terbesar di Asia. Kedua event tersebut di antaranya 18th Asian Games yang diselenggarakan pada 18 Agustus s.d. 4 September 2018 dan 3rd Asian Para Games pada 6 s.d.13 Oktober 2018.

Dibalik kesuksesan itu semua, tak lepas kita ucapkan terima kasih banyak kepada pihak penyelenggara, yaitu Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) dan Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC). Kedua komite tersebut sudah berhasil untuk menciptakan legacy sehingga acara ini dapat di kenang oleh seluruh jajaran atlet, official dan masyarakat yang terlibat dalam event ini.

Kita bangga banget nih, karena acara itu sukses dan banyak mendapatkan apresiasi dari banyak orang. Salah satu fasilitas pendukung yang juga harus diberi apresiasi yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), venue iconic yang berada di kawasan senayan.

Stadion tersebut mulai direnovasi pada Agustus 2016 dan rampung pada Januari 2018, kemudian diresmikan oleh bapak presiden kita, Pak Jokowi yang sekaligus menyelenggarakan pertandingan sepak bola antara Indonesia VS Islandia.

Stadion yang digunakan saat timnas ujicoba

Bersyukur banget karena dapet kesempatan buat saya pribadi (termasuk nyikreuh didalamnya) untuk menelusuri sudut-sudut dari venue ini. Selain itu kita juga memperoleh informasi dari Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) yang ada di SUGBK di sela-sela persiapan Asian Games dan Asian Para Games kemarin.

Stadion yang berkapasitas 77.193 orang ini sudah mengikuti standar Federation of International Football Association (FIFA), dimana kualitas pencahayaan berkekuatan hingga 3.500 lux atau 3 kali lebih terang dari sebelumnya. Hasil yang diperoleh yaitu menimbulkan efek dramatis apabila bermain di malam hari, tentu saja makin dramatis saat diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Field of Play

Kualitas kursi yang digunakan juga udah bagus nih. SUGBK yang awalnya menggunakan long chair di beberapa sektor, kini menjadi single seat dengan flip up chair. Fasilitas tersebut telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi apabila terjadi kerusuhan atau bencana yang sifatnya force majeure sehingga penonton dapat keluar dengan lebih cepat. Setiap kursi mampu menahan beban hingga 250kg dan tidak mudah ditarik sehingga dapat menahan aksi vandalisme

Field of play atau lapangan pertandingan ini pun menjadi perhatian karena kualitasnya yang semakin baik dengan jenis rumput zoysia matrella yang dilengkapi dengan alat penyiram rumput otomatis hingga sistem drainasenya anti banjir (zero run-off).

Sistem Pengairan dari Sebelah Barat GBK

Well guys, kita punya satu ikon stadion dengan rasa nyaman karena fasilitas yang disediakan itu sangat memudahkan bagi penonton yang ingin ‘nyetadion’. Kita sebagai masyarakat yang baik sudah seharusnya menjaga dan merawat sarana ini agar tetap terjaga keindahan di setiap sudutnya.

Berhubung ini stadion umumnya digunakan sebagai markas besar cabang olahraga sepak bola (Timnas Indonesia) kita doakan stadion yang bagus ini dapat membawa dampak yang baik juga untuk prestasi sepak bola dan olahraga lainnya seiring dengan tumbuhnya semangat dan dukungan dari banyak pihak.

Sampai jumpa di postingan kami berikutnya, tetap pantau blog nyikreuh atau instagram kita di @nyikreuh untuk mengetahui postingan terbaru dari kami!

Leave a Reply

Tags: