Situ Patenggang, Dewi Rengganis dan Batu Cinta di Ciwidey

Libur telah tiba, itu berarti ini saatnya untuk kita ngelanjutin perjalanan Nyikreuh yang udah ketunda karena berbagai aktivitas kuliah dan kegiatan lainnya. Kali ini kita mutusin buat pergi ke salah satu tempat yang pasti bagus, keren, memukau mata dan mampu menyejukan hati. Tempat yang kita kunjungi berupa danau yang masih berada di sekitaran Bandung, karena kota ini ga ada habisnya nyuguhin pemandangan menarik buat kita. Yaps, tempat tersebut yaitu Situ Patenggang.

Sekilas Tentang Situ Patenggang

Situ Patenggang merupakan sebuah danau yang berada di Kawasan Wisata Ciwidey, berjarak sekitar 48km ke arah selatan dari Kota Bandung. Pesona alam yang ada membuat kawasan ini menjadi salah satu destinasi favorit oleh wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Nama dari danau itu sendiri berasal dari bahasa Sunda Pateangan-teangan yang artinya saling mencari. Danau ini mengisahkan Dewi Rengganis dan Kisantang yang terpisah untuk waktu yang lama. Karena cinta mereka yang begitu dalam, mereka saling mencari dan akhirnya dipertemukan kembali disebuah tempat yang kini dinamakan Batu Cinta. Kemudian Dewi Rengganis meminta dibuatkan danau dan perahu agar mereka berdua dapat berlayar bersama. Menurut cerita ini, barang siapa yang singgah di Batu Cinta dan mengelilingi pulau asmara senantiasa mendapat cinta yang abadi seperti mereka.

Infrastruktur situ patenggang
Salah satu infrastruktur di Situ Patenggang

Situ Patenggang memilki luas Danau sebesar 48 ha dan luas TWA sebesar 17 ha. Untuk bisa masuk ke tempat ini per-orang dari kita perlu ngeluarin uang sebesar Rp18.000 saat weekday atau Rp20.500 saat weekend, harga ini belum termasuk biaya parkir kendaraan dan berbagai fasilitas lainnya di dalam. Bagi yang membawa kendaraan pribadi biaya parkir yang perlu dibayar yaitu Rp3.500/motor, Rp11.500/mobil dan Rp22.000/bus. Kondisi infrastrukturnya sendiri udah tertata dengan apik, jadi ga rugi laah kita ngeluarin uang untuk dateng kesini. Dari mulai ngelewatin loket tiket aja kita udah disambut dengan hamparan kebun teh yang luas ditambah pemandangan danau yang indah banget sebagai latar belakangnya.

Pinggir danau situ patenggang
Narsis dulu di pinggir Situ Patenggang

Fasilitas yang ada di kawasan wisata ini juga kebilang cukup lengkap. Buat yang takut kelaperan dan kehasuan karena engga bawa makanan dan minuman, kita bisa membelinya dari beberapa warung/tempat makan yang ada disini. Buat yang beseran juga gausah khawatir, karena disini juga ada beberapa WC umum di berbagai titik yang bisa kita pake. Selain itu disini juga banyak toko yang ngejual berbagai jenis pakaian, ornamen ataupun aksesoris lainnya. Macem-macem buah segar juga banyak dijual disini, jadi gausah bingung mau bawa oleh-oleh apa untuk orang dirumah.

Toko di Situ Patenggang
Toko makanan dan oleh-oleh, kali aja ada barang yang nyantol

Sisi menarik dari Situ Patengan

Banyak banget kegiatan yang bisa kita lakuin disana, jadi kalian ga perlu takut garing yaa pas lagi ada di sini. Di sini kita bisa bersepeda air, keliling danau pake perahu angsa, mancing dan so pasti nyebrang ke batu cinta. Untuk nyebrang ke sana kita perlu nyewa perahu atau sepeda air, buat tarif penyewaan perahu kita kurang tau berapa tapi untuk penyewaan sepeda air kita perlu ngeluarin Rp30.000 per sepeda dan per jamnya. Berhubung waktu yang singkat dan juga ada keperluan lain kita gak bisa menjelajah semuanya, jadi kita cuman berpiknik ria dipinggir danau sambil berfoto manis di pinggir bebatuan. Buat yang belum puas foto dengan latar danau, kita bisa jalan sedikit ke atas buat foto-foto di hamparan kebun teh yang cukup luas.

Kebun teh Situ Patenggang
Hamparan kebun teh dengan latar belakang Situ Patenggang. Keren nih buat foto-foto

Nih buat kalian yang dateng sama pasangan masing-masing, gaada salahnya kan kalo kalian coba nyebrang ke batu cinta terus kelilingin pulau asmara (sambil berdoa juga ya). Yaa meskipun berasal dari mitos lokal tapi kegiatan ini cukup menarik buat dilakuin kan? Apalagi ngelakuinnya sama pasangan terkasih sendiri.

Sekian informasi tentang Situ Patenggang di kawasan wisata Ciwidey yang bisa kita kasih, semoga postingan ini bisa bermanfaat buat kalian yang ngebaca. Kalau ada pertanyaan bisa aja langsung tanya di kolom komentar di bawah, feel free to ask! Jangan lupa juga buat follow instagram kita di @nyikreuh untuk lebih tau berbagai tempat wisata di Indonesia. Sampai jumpa di catetan perjalanan kita berikutnya!

Perahu di Situ Patenggang
Salah satu dari sekian banyak perahu yang bisa kita sewa. Bagus kan?

Rincian biaya yang dikeluarin

Tiket masuk :  Rp18.000,00/orang
Tiket parkir : Rp20.500,00/mobil, di bagi lima : Rp4.100/orang
Biaya tak terduga : Rp4.000,00
Total : Rp26.100/orang



You might also like

One thought on “Situ Patenggang, Dewi Rengganis dan Batu Cinta di Ciwidey”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isi captcha dibawah ini terlebihdahulu *