Objek Wisata Di Ciwidey Yang Wajib Dikunjungi

Beberapa waktu lalu kita mengunjungi salah satu kawasan wisata yang ada di Bandung bagian selatan, yaitu Ciwidey. Suasana disana kebilang sejuk, dingin dan masih asri, jadi objek wisata yang dominan dijual adalah pemandian air panas dan keindahan alamnya. Tapi ga Cuma itu, di sana juga ada banyak objek wisata menarik lainnya yang ga bisa kita sebutin satu per satu. Berhubung kita cuman manfaatin waktu singkat di sela kesibukan anak kuliahan, jadi kita hanya punya sedikit waktu buat nge-explore kawasan ini. Berikut ini beberapa objek wisata di ciwidey yang wajib kamu kunjungi kalo dateng ke sana, check this out!


 

Perkebunan Teh Rancabali

Kaya yang udah kita sampein di atas, kawasan Ciwidey ini bener-bener sejuk, dingin dan asri, pemandangannya juga masih bener-bener alami. Begitu sampe di sana aja kita langsung di suguhin sama keindahan alam dari hamparan perkebunan teh yang ada. Bagi kita, pemandangan yang kita liat ini seakan-akan sebuah ucapan selamat datang gitu dari kawasan Ciwidey hahahaha. Di kebun teh ini kita ngabadin beberapa foto dan video dengan waktu yang cukup lama, karena kebetulan disini lagi gaada banyak orang.

Untuk bisa masuk dan foto-fotoan di sini kita ga perlu ngeluarin uang sepeserpun, alias gratis. Walaupun gratis kita juga tetep harus bisa ngejaga lingkungan, salah satu caranya yaitu dengan engga nyampah di sana atau lebih baiknya sekalian mungutin sampah yang ada.

Pemandangan perkebunan teh rancabali
Pemandangan perkebunan teh rancabali

 

Penangkaran Rusa Ranca Upas

Penangkaran Rusa yang kemaren kita kunjungin berada di dalam kawasan Kampung Cai Ranca Upas. Sebenernya di sana ada beberapa fasilitas lainnya yang bisa di pake oleh pengunjung kaya waterboom, area perkemahan, outbond, atv dan lain-lain. Berhubung kita cuman penasaran sama penangkaran rusanya, jadi kita cuman nyempetin buat kesana doang.

Di sini kita di bebasin untuk masuk dan terjun langsung buat berinteraksi sama rusa-rusa yang ada. Kita juga bisa ngasih makan rusa di sana dengan sayuran yang dibeli seharga Rp 5.000 per kantong. Buat yang ga berani turun langsung gausah khawatir, disana juga ada kaya semacam panggung buat ngeliat rusa dari kejauhan. Untuk masuk ke sini kita perlu bayar Rp 5.000 per orang, harga tersebut hanya untuk masuk ke kawasan Ranca Upas dan penangkaran rusa aja. Untuk yang ingin tau lebih jauh tentang penangkaran rusa ini bisa kalian baca postingan lengkapnya di catper Pengalaman Nyikreuh ke Penangkaran Rusa.

Memberi Makan Rusa di Penangkaran
Ngasih makan rusa ga harus pake tangan kan? hahaha

 

Pemandian Air Panas Cimanggu

Kawasan ciwidey ini tidak hanya memperlihatkan keindahan alamnya, tetapi juga bisa memberikan sedikit sentuhan relaksasi bagi tubuh kita. Bisa dibayangin kan gimana suasana ciwidey yang sejuk dan dingin dipadukan dengan berendam di pemandian air panas? Buat kalian yang lagi mampir ke sini ga ada salahnya deh coba rasain sensasi berendem di sana.

Di kawasan ciwidey ini terdapat banyak tempat pemandian air panas, tapi pada trip kemarin kita milih untuk datang ke Cimanggu. Untuk masuk kesini per-orang dari kita dikenakan tiket masuk sebesar Rp15.000 dan itu pun belum termasuk biaya parkir kendaraan. Di dalamnya sendiri terdapat tiga kolam pemandian yang dibagi berdasarkan ke-panasan air tersebut, mulai dari yang paling panas sampai sedang. Fasilitas yang ada di sana sudah cukup bagus, yang disayangkan hanya terdapat beberapa oknum pengunjung yang bertingkah seenaknya di sana (seperti merokok dan makan di kolam).

Cimanggu di Malam Hari
Penuhnya pemandian air panas cimanggu di malam hari

 

Kawah Putih

Objek wisata Kawah Putih ini letaknya ga begitu jauh dengan penangkaran rusa ranca upas dan juga pemandian air panas cimanggu. Setelah kita masuk melewati loket, kita masih perlu naik kendaraan ke atas untuk melihat kawah putih. Begitu sampai di pos atas kita sudah bisa mencium aroma belerang yang cukup menyengat dari kejauhan. Buat yang ga kuat dengan bau belerang disaranin untuk pake masker, kalau ga bawa kita bisa beli di sana karena banyak pedagang yang menyediakan masker untuk kita beli. Kita juga direkomendasikan buat berada di sekitar kawah belerang dengan waktu yang cukup lama, jadi kalo mau foto-foto lakuin dengan cepat yaa.

Biaya yang perlu kita keluarin yaitu Rp 18.000 peroang untuk tiket masuk dan Rp 15.000 perorang untuk biaya angkutan umum dari pos awal sampai kawah putih (pulang pergi). Kita juga bisa bawa kendaraan roda 4 langsung ke atas, tapi biaya parkir kendaraan di atas jauh lebih mahal ketimbang parkir di bawah.

Kawah Putih Ciwidey
Kawasan wisata kawah putih di ciwidey

 

Situ Patenggang

Situ Patenggang ini jadi tempat ter-ujung dari beberapa objek wisata yang kita datengin di kawasan ciwidey. Jarak dari objek wisata lain menju sini ga begitu jauh, cuma harus hati-hati aja soalnya kondisi jalan menuju kesana cukup berkelok. Setibanya di sana kita harus bayar dulu nih tarif masuk kendaraan dan juga tiket perorangan. Harga tiket masuk wisatawan lokal di weekdays yaitu Rp. 18.000 per orang dan harga tiket masuk mobil yaitu Rp 11.500 per mobil. Harga segitu tergolong standar sih buat ukuran anak muda yang hobi jalan-jalan kaya kita hehe.

Setelah memasuki gerbang tiket kita di suguhkan dengan pemandangan kebun teh yang luaaaas dan indah sekali. Kemudian terlihat juga danau yang membentang luas ditambah jalan yang berkelok dengan cuaca Ciwidey yang sejuk, suasana saat itu bener-bener bikin kita mager haha. Di danau yang luas itu kalian bisa nyewa perahu atau sepeda bebek dengan tarif Rp 30.000/jam. Tapi ada himbauan untuk tidak berenang di situ patenggang, jadi jangan coba-coba ya! Untuk yang ingin tahu lebih jauh tentang danau ini bisa langsung baca postingan kita lainnya yang berjudul Situ Patenggang, Dewi Rengganis dan Batu Cinta.

Pemandangan situ patenggang dari pinggir
Pemandangan situ patenggang dari pinggir

Di atas tadi adalah beberapa rekomendasi tempat yang bisa kamu datengin saat berlibur ke kawasan ciwidey. Semoga informasi yang kita sampein bisa bermanfaat buat kalian yang baca. Sampai jumpa di trip selanjutnya!



You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *