Ngasih Makan Burung di Bird & Bromelia Pavilion Bandung

Di tanah air yang kita cintai ini terdapat berbagai keindahan alam yang ga ada habisnya untuk bisa kita nikmati. Ga cuman pemandangannya aja, beragam flora maupun fauna yang ada di alam ini pun memiliki keunikan yang pastinya bisa bikin kagum orang yang mengamatinya, termasuk beragam jenis burung yang ada. Terdapat ratusan burung yang memiliki habitat di Indonesia ini, mulai dari jenis yang berkeliaran dimana-mana sampai berbagai jenis yang terancam punah (kunjungi burung.org untuk tau lengkapnya).

Selain tinggal di alam bebas, berbagai burung juga bisa tinggal di suatu tempat konservasi dengan tujuan pengembangbiakan, peneliatan ataupun edukasi. Nah di kota Bandung ini ada suatu tempat dimana kita bisa ngeliat dan juga ber-interaksi dengan puluhan jenis burung yang ada, namanya yaitu Bird & Bromelia Pavilion. Tempat ini berada di kawasan dago, berdekatan dengan beberapa tempat wisata terkenal yang ada di Bandung juga. Mau tau gimana keseruan dan ke-katroan kita pas ngeliat berbagai jenis burung? Baca terus tulisan dibawah!

Salah satu burung favorit kita di Bird & Bromelia Pavilion ini

Salah satu burung favorit kita di Bird & Bromelia Pavilion ini

Ngasih makan burung di Bird & Bromelia Pavilion

Nah jadi Bird & Bromelia Pavilion ini tuh sejenis sangkar burung versi raksasa dimana burung-burung yang ada dibiarin terbang di luar kandang kecilnya, jadi bisa bergerak sedikit lebih leluasa. Ada lebih dari 300 jenis burung maupun tanaman bromelia di sini, selain menghibur tempat ini juga bisa jadi bahan edukasi terutama untuk anak-anak buat lebih peduli sama binatang terutama burung. Kandang burung yang ada di sini tuh kebagi lagi jadi beberapa sektor mulai dari area burung merpati, love bird, sejenis ayam-ayaman dan lain-lain. Di tiap harinya dan jam-jam tertentu juga rutin diadain pertunjukan burung, dimana burung-burung ini dipandu oleh pelatihnya untuk ngelakuin berbagai hal.

Yang seru dari tempat inituh kita bisa ber-interaksi dengan burung-burung yang ada dengan cara ngasih makan secara langsung. Walaupun ada beberapa burung yang kabur kalo kita samperin, tapi ada juga yang lumayan agresif pas ngeliat kita ngeluarin makanan kaya burung merpati misalnya. Dari semua jenis burung yang ada, favorit saya di tempat ini sih burung lovebird yang mungil-mungil gitu. Walaupun kalo disamperin kabur, tapi kalo kita ngebawa makanan berupa biji-bijian mereka suka langsung terbang kearah kita dan nyantol ditangan rada lama.

Ngasih makan burung Lovebird

Ngasih makan burung Lovebird, karena ukurannya kecil jadi ga begitu sakit pas hinggap di tangan

Disini juga ada beberapa burung kakatua yang bisa ngikutin omongan kita, jadi jangan kaget ya kalo tiba-tiba ngedenger suara orang ngomong tapi gaada wujudnya haha. Selain kakatua ada juga beberapa jenis burung hantu, dan kerennya lagi kita dibolehin buat foto sama burung hantu yang nyantol di tangan kita. Jadi sebelum foto kita dibantu sama mamang yang ada disana buat pake pelindung tangan dulu, soalnya kukunya panjang dan tajem jadi rada sakit juga kalo kecakar. Walaupun udah pake pelindung tangan, burung hantunya itu kadang suka naik sendiri ke bahu kita, jadi harus tahan-tahan ya kecakar sedikit demi dapetin foto bareng si burung ini.

Kalau menurut saya tempat ini cocok bukan cuman buat anak-anak aja sih, buat kalian yang pengen nyoba ngerasain sensasi ngasih makan burung secara langsung juga harus dateng kesini. Buat yang hobi fotografi juga tempat ini cocok dijadiin spot hunting foto, selain ngefotoin burung kalian juga bisa dapetin foto bertema human interest saat pengunjung nyoba ngasih makan maupun interaksi sama berbagai burung.

Burung Merak

Burung merak, sayangnya pas lagi ngebuka sayapnya ga sempet ke-foto

Cara Menuju Taman Burung & Tanaman Bromelia

Buat yang sebelumnya sering jalan-jalan di Bandung pasti udah ga asing dengan kawasan DAGO, karena selain bird park ini terdapat banyak tempat wisata terkenal lainnya kaya Dago Dream Park, Dago Pakar dan lain-lain. Untuk bisa sampe kesini kalian cukup ikutin jalan besar di dago giri aja sampai nemuin plang besar di sebelah kanan jalan (kalau start dari jalan Ir. H. Djuanda/Dago) yang nunjukin arah ke Pramestha Resort atau ikutin aja map dibawah ini.

Sebelum masuk ke taman burungnya kita perlu beli tiket (berupa gelang) dulu, untuk tiap orangnya dikenain biaya sebesar Rp 35.000 untuk weekdays dan Rp 50.000 untuk weekend. Disana kita juga ditawarin buat beli makanan burung dengan harga Rp 25.000 per paket, kalau saran saya sih mending ambil aja soalnya kalian bakal dapetin pengalaman yang seru lah pokonya. Di paket itu kita dikasih beberapa bungkus makanan untuk dikasih ke berbagai jenis burung yang berbeda, misalnya nih untuk burung lovebird kita harus ngasih biji-bijian dan untuk sejenis kakatua dikasih jenis makanan yang beda lagi. Ohiya sedikit saran juga, sebaiknya jangan dateng pas lagi hujan ya soalnya burungnya suka pada ngumpet gitu jadi sayang juga.

Buat kamu yang gampang laperan (bukan baperan) gausah khawatir, karena disana ada cafe juga yang nyediain berbagai jenis makanan dan minuman. Selain itu ada juga toko souvenir yang nyediain oleh-oleh yang lucu dan unik, mulai dari bantal, keranjang, boneka dan barang lainnya yang pokonya serba burung! Kalo kalian bawa uang lebih dan pengen ngasih barang lucu sebagai oleh-oleh pokonya harus lah buat mampir ke toko ini.

buah tangan

Buah tangan alias souvenir yang serba burung

Cukup sekian informasi mengenai taman burung ini yang bisa saya bagikan, mohon maaf juga kalau ada beberapa kata yang kurang bisa kalian mengerti hehe. Jangan lupa buat follow instagram kita di @nyikreuh untuk tau updatean terbaru tentang trip yang kita lakuin. Jangan sungkan juga buat ngasih saran, kritik ataupun nanya-nanya sama kita dengan cara komen di instagram atau di kolom komentar dibawah. Terimakasih sudah membaca, sampai jumpa di trip berikutnya!

 

Leave a Reply

Kumpulan Foto Trip ke Beberapa Pantai di Pacitan
Masjid Agung Alun-Alun kota Bandung
Kumpulan Foto Sabtu Pagi di Kota Bandung
Berdiri di Perahu
Kumpulan Foto Trip Situ Cileunca Pangalengan
Kumpulan Foto Trip Yogjakarta!