Menikmati Jernihnya Air di Curug Cigorobog Sumedang

Saat ini di Jawa Barat lagi anget-angetnya sama kampanye untuk Cagub 2018, berbagai tokoh masyarakat ikut nyalonin diri buat bisa mimpin tanah pasundan yang menurut saya sendiri sangat istimewa. Ngomongin soal Jawa Barat, selain banyak tokoh-tokoh berpengaruh disini juga banyak banget tempat menarik yang bisa kita kunjungin. Karena Jawa Barat itu luas kita juga coba dong buat explore beberapa tempat selain di Kota Bandung, dan untuk saat ini kita dikasih kesempatan buat Explore Kota Sumedang!

Di Sumedang sendiri sebenernya ada banyak banget tempat wisata terutama wisata alam yang patut buat dikunjungin, entah itu gunung, waduk, curug dan lainnya. Karena kebetulan di deket rumah temen saya ada satu curug yang katanya masih asri dan alami, jadilah kita mutusin buat nge-spent beberapa jam kesana sekalian ngebuktiin ke-‘alamian’ tempat itu. Tempat ini juga sebenernya udah lumayan dikenal sama beberapa orang, namanya yaitu Curug Cigorobog di Sumedang.

Curug Cigorobog di Citengah, Sumedang
Curug Cigorobog di Citengah, Sumedang

Kuy Ke Curug!

Dari pusat kota Sumedang untuk menuju ke Curug Cigorobog yang berada di daerah Citengah ini ga terlalu jauh, kurang lebih 30 menit kita udah bisa sampe ke curug ini. Kalo dari daerah gunung gadung (tempat kita singgah) juga sama, cuman butuh 40 menitan buat sampe kesini. Akses jalannya udah sangat bagus dan bisa dilaluin sama kendaraan roda 2 maupun 4, selain itu disepanjang jalan banyak sawah dan perkebunan yang tentunya jadi daya tarik tersendiri. Ohiya buat kesini juga kita bakal ngelewatin Kampung Karuhun, salah satu tempat bagus di Sumedang juga dan dari sana cuman butuh 5 menit buat sampe ke curugnya. Jalan masuk buat ke tekape ini ada disebelah kiri, akses masuknya gabegitu keliatan dari jalan utama tapi setelah kita masuk sedikit nanti keliatan ada pintu yang bertuliskan “Curug Cigorobog”.

Jembatan Kayu dan Saung di Curug
Jembatan Kayu dan Saung di Curug

Kita bisa bawa masuk motor buat ngelewatin pintu dan parkir sampai bener-bener di pinggir curug itu, kalo yang bawa mobil paling disimpen sampe pintu masuk dan dilanjutin jalan kaki sekitar 5 menit. Pas kita sampe kesana (jam set.5 sore) kebetulan lagi sepi dan udah mau tutup karena yang jaganya mau pulang, tapi setelah nego akhirnya kita tetep diperbolehin masuk. Buat masuk kesini kita dikenain biaya 5rb per orang, cukup murah dan uangnya juga dipake buat ngembangin tempat ini. Untuk tempatnya sendiri emang beneran bagus dan udah lumayan tertata, disana udah ada beberapa saung, mushola, tempat buat ganti baju dan juga kamar mandi. Sebenernya tuh disana ada kaya 2 curug gitu yang nyatu jadi 1 aliran nantinya, tapi yang satunya lagi rada kecil dan lebih mirip aliran sungai biasa.

Selamat Datang di Curug Cigorobog!

Daan pas kita sampe di pinggir curugnya ternyata emang beneran masih asri dan airnya seger ditambah jernih walupun lagi musim hujan. Karena kegerahan dan juga kegirangan liat sungai yang jernih banget kita langsung aja buka sepatu dan lipet celana buat main air di pinggir curug ini. Arusnya juga ga terlalu deres dan rada dangkal jadi masih rada aman buat turun ke sungainya, tapi tetep harus hati-hati karena musibah bisa terjadi kapan aja. Setelah puas main air barulah kita foto-foto narsis disana, banyak spot foto yang bagus sebenernya tapi karena hari udah mulai gelap juga jadi kita foto-foto alakadarnya aja.

Foto Curug dari Saung di atas
Foto Curug dari Saung di atas

Buat yang nyari tempat wisata alam terutama air terjun atau Sungai di Kota Sumedang, Curug Cigorobog ini nih salah satu tempat yang saya rekomendasiin, selain karena tempatnya masih asri buat masuk kesini juga ga terlalu jauh dan mahal. Buat yang ada di Kota Bandung dan ingin dateng ke tempat sejenis ini kalian bisa coba samperin ke Sanghyang Heuleut yang di Padalarang, tapi kalo disana kita bisa lebih main air sepuasnya kaya lompat dari tebing, renang dan lain-lain. Terimakasih udah baca catatan perjalanan kita kali ini, jangan lupa pantengin terus blog nyikreuh karena mulai dari sekarang kita bakal rutin update nih setiap minggunya. Follow juga instagram kita di @nyikreuh buat liat beberapa foto saat kita trip ke berbagai tempat.



You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isi captcha dibawah ini terlebihdahulu *