Kepulauan Belitong: Puncak Kebahagiaan di Negeri Laskar Pelangi

Ini adalah part terakhir dari catatan perjalanan saya di Kepulauan Belitong setelah 3 hari berpetualang mencari tempat-tempat indah. Bersyukurnya karena kali ini kita dikasih kesempatan buat traveling ke Negeri Laskar Pelangi.

Agenda terakhir kita yaitu one day one trip ke beberapa pulau kecil di sekitaran Belitung. Sesuatu yang menarik ternyata Belitung mulai terlihat ramai ketika kita berkunjung ke pulau kecilnya dan disinilah sisi keindahan ditawarkan kepada para travelers.

Squad Jelajah Belitung

Squad Jelajah Belitung di Pulau Lengkuas

Berangkat dari Tanjung Kelayang

Perjalanan dimulai dari Pantai Tanjung Kelayang menggunakan kapal yang udah disewa kemarin melalui telefon, tarif yang dikenakan dibanderol 400k per orangnya. Akhirnya kita memulai perjalanan itu di pagi hari sesuai rekomendasi dari pemilik kapal karena akan memakan waktu yang cukup panjang.

Pulau Lengkuas

Tujuan awal kita yaitu pergi ke Pulau Lengkuas, tapi di tengah perjalanan kita nemu pulau dengan bebatuan seperti burung. Saya bersama salah satu teman memutuskan untuk snorkeling disana terlebih dahulu, padahal itu bukan areanya.. Indah bangeet tjoy!

Ga lama setelah itu kita balik ke kapal dan melanjutkan perjalanan menuju Pulau Lengkuas yang memakan waktu kurang lebih 30 s.d 45 menit. Sebetulnya disitu aga2 mabuk laut sih karena arusnya kenceng dan kita jadi ikut terombang-ambing.

Mercusuar Pulau Lengkuas

Mercusuar Pulau Lengkuas, salah satu ikon di Pulau Belitung

Akhirnya kita sampai dan memarkirkan kapal untuk menikmati indahnya lengkuas ditemani dengan kelapa yang segar. Pulau Lengkuas memiliki ciri khas berupa mercusuar (karena lengkuas yang brarti mercusuar) yang menjadi salah satu ikon Pulau Belitung.

Pulau ini memiliki pasir putih dengan air yang masih biru,  dikombinasikan dengan bebatuan granit memilki estetika yang menjadi daya tarik paling tinggi di Pulau Belitung ini. Kemudian kitapun melanjutkan kembali untuk snorkeling melihat ikan badut yang bersembunyi diantara terumbu karang, cantik syekali.

Pulau Kepayang

Setelah puas, berikutnya kita menuju pulau yang ga kalah menariknya, yaitu Pulau Kepayang. Kenapa menarik? Karena disini terdapat seafood yang super duper nikmat di tengah cuaca terik tengah hari setelah melakukan aktifitas dengan intensitas tinggi, mantap!

Ga perlu khawatir ga kesini, karena ketika kita bayar sewa kapal, itu udah termasuk paket makannya juga. Sehabis menikmati santap siang yang super nikmat, kita berangkat kembali untuk melakukan snorkeling.

Pulau Kepayang Belitung

Pulau Kepayang Belitung

Sebenernya disini tidak direkomendasikan untuk berhenti, karena pada saat itu arusnya cukup tinggi dan kita dikasih semacam tali untuk berpegangan ketika snorkeling. Selain itu, terumbu karang yang cukup dalam membuat jarak pandang dengan terumbu karang agak samar-samar.

Pulau Terakhir

Sejujurnya saya lupa nama pulau itu dan ketika searchingpun saya tidak menemukannya hehe, yang jelas pulau ini cukup banyak di kunjungi wisata asing dengan karakteristik batu granit. Untuk menemukan bebatuan granit perlu waktu aga cukup lama, tapi keindahan alamnya itu memberikan kepuasan tersendiri.

Pulau Bebatuan di Belitung

Pulau Bebatuan di Belitung yang saya lupa namanya apa

Pada akhir kesempatan ini, tingkat kebahagiaan saya dengan Pulau Belitung ini terus naik di tiap harinya dan itu cara Tuhan untuk mempertemukan tempat yang lebih indah di setiap harinya. Mungkin alesannya biar kita semakin terkesan dan bener2 yakin kalo Belitung itu Taman Wisata Dunia dan itu benar!

Saya bersyukur karena udah di kasih kesempatan buat pergi kesini dan harapan saya kelestarian Kepulauan Belitong tetep terjaga sampai kapanpun, aamiin! Terima kasih sudah membaca seluruh cerita seri liburan ke Pulau Belitung, tetap nantikan cerita perjalanan kami ke tempat-tempat lainnya di blog nyikreuh!

Leave a Reply