Bucket List dari Beberapa Gunung Favorit Pendaki di Indonesia

“Mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudra”, sepenggal bait tersebut kedengeran familiar bukan? Kalo iya berarti saya haraus ngucapin selamat terlebih dahulu! itu artinya hari minggu pagi kalian beberapa tahun kebelakang terselamatkan. Di lagu tersebut si anak yang nyanyi itu nyebutin “mendaki gunung lewati lembah” seolah hal itu sangat menarik dan menyenangkan untuk dilakuin, padahal pada kenyataannya naik gunung tuh cape, nguras fisik + batin dan beresiko. Nah tapi kenapa ya di dunia atau di Indonesia ini khususnya banyak banget pendaki yang ketagihan buat mendaki gunung? Pastinya karena di gunung kita bisa dapetin banyak hal menarik yang susah buat kita dapetin di perkotaan, mungkin lebih lengkapnya nanti saya bakal bikin suatu artikel yang ngebahas hal ini.

Sebenarnya kita udah bener-bener dimanjakan dengan keberadaan gunung-gunung yang ada di seantero negeri ini. Hampir setiap pulau di Indonesia terdapat gunung yang memiliki karakter tersendiri, jadi nyebrang pulau sekalipun bakal dilakuin untuk bisa menyambangi sekaligus ngeliat keindahannya. Menyiasati hal tersebut, tentu aja kita perlu transportasi yang bisa ngecakup perjalanan antar pulau mau itu lewat jalur darat, laut ataupun udara (tentunya dengan tiket murah pesawat dong hehe). Nah berikut ini ada 4 gunung yang berada di dalam bucket list kita dan semoga secepatnya bisa kita datangi, check it out!

Gunung Ijen

Gunung Ijen. Sumber: Tribun Jogja tribunnews.com

Gunung yang berada di Jawa Timur ini jadi satu dari empat gunung yang kita ingin datengin karena fenomena alam yang bikin kita penasaran untuk ngeliatnya secara langsung. Emang apa sih yang spesial? jangan salah, di Ijen ini kita bisa ngeliat fenomena blue fire yang ternyata cuman ada 2 loh di dunia. Yang pertama ada di Iceland alias Islandia dan yang satu lagi ada di Banyuwangi, tapi untuk yang di Islandia kalian harus cari info lainnya lagi ya karena saya juga belum berhasil googling nama gunung tersebut.

Gunung Semeru

Gunung Semeru. Sumber: jadiberita.com

Gunung dengan sebutan “puncak para dewa” ini cukup terkenal bagi beberapa orang, alasannya karena puncak Mahamerunya yang merupakan “tanah” tertinggi di pulau jawa dan juga karena film yang sempat booming di tahun 2012 lalu. Bagi saya pribadi yang merupakan penduduk asli di tanah jawa ini tentu aja pengen dong buat bisa berdiri di tanah tertinggi itu, walaupun yang baru kesampean yaitu berdiri di puncak tertinggi Jawa Barat aja hehe. Sebenernya walaupun ga sanggup sampe puncak, di taman Nasional Gunung Semeru ini juga terdapat berbagai spot menarik buat kita datengin seperti ranu kumbolo, oro ombo dan lainnya.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani. Sumber: gunung.id

Berada di Lombok, provisi NTB, Gunung yang berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani dan memiliki jalur pendakian yang cukup asoy! Sama halnya kaya gunung Semeru, di sini juga terdapat banyak banget spot menarik yang bisa kita datengin untuk beristirahat ataupun sekedar ngelewat aja. Kalau semeru punya ranu kumbolo, rinjani juga punya segara anak dan ada juga pemandian air panas. Biar ga tambah cape dijalan sih buat ke Lomboknya sebaiknya kalian cari tiket murah pesawat aja, lumayan kan ngemat waktu banyak ketimbang harus nyebrang pake kapal laut.

Gunung Jayawijaya

Gunung Jayawijaya. Sumber: Tribun Sriwijaya tribunnewscom

Yang terakhir ini salah satu gunung yang masuk kedalama daftar seven summits of the world, yaitu gunung Jayawijaya. Gunung dengan ketinggian 4.884 mdpl ini jadi gunung terakhir yang ada di bucket list kita. Tentunya buat bisa ngedaki gunung ini perlu persiapan yang bener-bener mateng, mulai dari fisik, psikis, perlengkapan dan tentunya finansial terutama untuk transportasi kesini dengan tiket murah pesawat. Gunung dengan ketinggian tertinggi di Indonesia ini memiliki puncak yang bersalju, tentunya satu-satunya yang ada di negeri kita ini. Pastinya perjuangan dan hasil yang kita dapet pun gakan mengecewakan laah.

Naah, itu tadi 4 bucket list gunung di Indonesia yang ingin kami daki, yang pastinya masuk jadi gunung favorit para pendaki di Indonesia juga. Ohiya, karena gunung-gunung yang ada ini tersebar di berbagai pulau, maka yang cocok sih kita perlu cari tiket murah pesawat untuk membantu mobilitas dalam hal mengunjungi tempat-tempat tersebut. Sekian aja yang bisa kita sampaikan, selamat mendaki!

Leave a Reply

Tags:
Kumpulan Foto Trip ke Beberapa Pantai di Pacitan
Masjid Agung Alun-Alun kota Bandung
Kumpulan Foto Sabtu Pagi di Kota Bandung
Berdiri di Perahu
Kumpulan Foto Trip Situ Cileunca Pangalengan
Kumpulan Foto Trip Yogjakarta!