12 Hari Liburan di Kyoto-Osaka, Jepang

Haloo, nama aku Nadia. Dalam kesempatan kali ini aku diminta temenku buat nyeritain pengalaman apa aja yang aku dapetin selama pergi ke Jepang kemarin, tepatnya ke kota Osaka dan Kyoto. Eh perjalanan ini ga dilakuin kemarin banget sih, sekitar 5 atau 6 bulan yang lalu, tepatnya dimulai dari tanggal 23 Mei 2016.

Alasan aku pergi kesana, yang pertama aku dapet tiket yang emang super murah, kedua karena kakak yang lagi ngelanjutin studinya disana dan terakhir karena Jepang adalah salah satu negara yang punya tingat kemajuan negara yang cukup pesat di Asia khususnya. Mungkin kalo sekarang ditanya siapa sih yang gamau pergi kesana. Jangankan untuk tiket yang murah atau promo, tiket non promo atau yang mahalpun orang Indonesia khususnya memilih buat berlibur kesana. Salah satu keuntungannya pun karena dari sisi transportasi cukup nyaman buat kita pergi kemanapun kita mau.

Osaka castle, inituh bangunan peninggalan budaya yang dilindungi oleh pemerintah Jepang
Osaka Castle, bangunan peninggalan budaya yang dilindungi oleh pemerintah Jepang

Aku tinggal di kota Osaka, di apartemennya kakakku, tepatnya tuh di daerah Kujo. Tempatnya sih cukup strategis karena dekat dengan pusat perbelanjaan dan tempat-tempat hiburan, kaya Sinshai Bashi, Osaka Castle dan pokonya deket kemana manalaah. Aku traveling sendirian kalo emang kakakku belum pulang kuliah, walaupun perginya ga jauh–jauh banget, paling cuma naik kereta satu kali kaya ke Aeon Mall dan jalan – jalan ke Kuil. Tapi kalo kebeneran kakakku lagi libur kita pergi bareng atau bahkan sama temenku, orang Jerman yang kebeneran dia lagi berlibur juga.

Jalan-jalan di kota Osaka

Taman di Osaka yang mirip banget sama di Belanda
Taman di Osaka yang mirip banget sama di Belanda!

Osaka berada di wilayah Kansai, Jepang. Kota ini terletak di pulai Honsu, di mulut sungai Yodo di Teluk Osaka. Kota ini juga merupakan kota terbesar di kawasan Keinhansin sebagai pusat industri dan pelabuhan di kota metropolitan Osaka-Kobe-Kyoto. Kata orang sih ini kota metropolis air karena dikenal sama sungai sungai dan jumlah jembatan terbanyak di Jepang. Ada 2 pusat kota di Osaka, Umeda dan Namba terus dihubungin sama jalan utama yang bernama Midosuji yang terkenal bangeeeet sama pemandangan daun-daun pohon ginkgo yang menguning di musim gugur. Selain itu disini tuh ada taman yang bagus banget dan cocok banget buat di jadiin spot foto.

Kimono, pakaian tradisional Jepang
Kimono, pakaian tradisional Jepang

Waktu di sana aku juga dateng ke Osaka Museum of Housing and Living. Harga masuknya itu 1000 yen atau sekitar 100rb per orang, tapi karena pake kartu pelajar jadi dapet diskon deh! Bagus banget sih tempatnya, dsini kita bisa pake kimono (pakaian tradisional khas negara ini) dan segala aksesorisnya. Banyak banget spot fotonya, isinya tuh kaya nyeritain Jepang jaman dulu gitu dan langitnya tuh bisa berubah-ubah sesuai dengan waktu. Kereen!

Universal Studio Jepang

Foto di Logo Universal Studio Jepang
Foto di deket Gate In Universal Studio Jepang

Selain tempat yang di sebut di atas, ada yang menarik lagi di Osaka yang harus di datengin, yaitu Universal Studio Jepang! Kebetulan cuaca di sana emang lagi panas, tapi karena aksesnya tuh deket kalo dari tempat tinggalku, jadi sayang juga kalo di sia-siain. Cuma perlu naik kereta sekali aja kita bisa langsung sampai kesana. Kereta yang dinaikin itu khusus buat orang yang pergi ke USJ aja. Harga tiketnya sekitar 9000 Yen atau sekitar 1 Juta Rupiah kita bisa masuk ke taman bermain ini.

Wahana korsel, pemanasan sebelum naik wahana yang lebih ekstrim
Wahana korsel, pemanasan sebelum naik wahana yang lebih ekstrim

Waktu itu aku naik hampir semua wahana yang ada di Universal Studio dari yang paling ekstrim sampe yang biasa aja. Ga lupa aku naik wahana 4D Harry Potter juga, pokonya wahana itu cuma ada di Universal Studio, gaada di tempat lain. Terus aku naik halilintar yang seremnya tuh Cuma ada di USJ, mungkin yang paling serem dan tempat tempat lainnya, Cuma aku ga naikin 3 wahana yang biasa aja menurut aku. Overall, tempatnya bikin aku excited banget, cocok buat orang yang emang seneng banget pergi ke theme park dan foto–foto di tempat yang lucu.

Kyoto!

Namanya Arashiyama Bamboo Grove, isinya hutan bambu lucu gitu.
Namanya Arashiyama Bamboo Grove, isinya hutan bambu lucu gitu.

Kyoto itu hampir mirip kaya di Lembang, karena adanya tuh di dataran tinggi. situasi dan kondisnya juga beda banget sama di Osaka. Kalo di Osaka masyarakatnya tuh lebih hectic, mungkin karena kota besar juga dan jalannyapun pada cepet. Beda sama di Kyoto yang lebih santai dan masyarakatnya juga lebih ramah. Di kota ini ada tempat bagus yang namanya Namanya Arashiyama Bamboo Grove, isinya hutan bambu lucu gitu. Di dalemnya ada banyak orang yang jualan, kalo kita jalan terus bakalan nemu kaya sungai gitu dan itu tuh bagus banget!

Sungai di deket Arashiyama Bamboo Grove
Sungai di deket Arashiyama Bamboo Grove

Di sini juga ada shopping street yang aku gatau namanya apa, tapi berbagai brand baju, sepatu dan alat elektronik ada disitu. Kalo di Osaka itu ada jalan yang namanya Shinsaibashi, kalo disini aku gatau namanya apa, udah rada lupa. Yang jelas jalan disitu tuh keren banget, boleh coba kalian datengin kalau mampir ke Kyoto.

Shopping street yang ada di Kyoto
Shopping street yang ada di Kyoto

Jadi intinya, liburan waktu itu tuh berkesan banget, bisa dibilang kurang lama karena belum semua tempat aku kunjungin. Tapi yaa insyaallah next bisa pergi kesini lagi dan mengunjungi tempat baru sebagai referensi buat temen temen yang emang pengen trip ke osaka dan kyoto. Terimakasih sudah membaca, jangan lupa kunjungin juga instagramku di @nadiaarr.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isi captcha dibawah ini terlebihdahulu *